Jumat, 24 Mei 2013

Wireshark


Wireshark adalah paket analyzer gratis dan open source. Hal ini digunakan untuk troubleshooting jaringan, analisis, perangkat lunak dan pengembangan protokol komunikasi, dan pendidikan. Awalnya bernama Ethereal, pada Mei 2006 proyek ini berganti nama Wireshark karena masalah merek dagang.

Wireshark adalah cross-platform, menggunakan GTK widget toolkit untuk mengimplementasikan antarmuka pengguna, dan menggunakan pcap untuk menangkap paket, melainkan berjalan pada berbagai sistem operasi mirip Unix termasuk Linux, OS X, BSD, dan Solaris, dan Microsoft Windows.

Ada juga berbasis terminal (non-GUI) versi yang disebut tshark. Wireshark, dan program lain yang didistribusikan dengan itu seperti tshark, adalah perangkat lunak bebas, dirilis di bawah GNU General Public License.

Wireshark memungkinkan pengguna untuk menempatkan kontroler antarmuka jaringan yang mendukung modus promiscuous ke mode itu, dalam rangka untuk melihat semua lalu lintas terlihat pada antarmuka yang, bukan hanya lalu lintas yang ditujukan ke salah satu alamat antarmuka dikonfigurasi dan broadcast / multicast lalu lintas. Namun, ketika menangkap dengan analisa paket dalam modus promiscuous pada port pada switch jaringan, tidak semua lalu lintas perjalanan melalui saklar tentu akan dikirim ke port yang menangkap sedang dilakukan, sehingga menangkap dalam mode promiscuous tidak akan tentu cukup untuk melihat semua lalu lintas pada jaringan. Port mirroring atau berbagai keran jaringan memperpanjang capture ke titik manapun di internet, keran pasif sederhana sangat tahan terhadap malware gangguan.

Pada Linux, BSD, dan OS X, dengan libpcap 1.0.0 atau lambat, Wireshark 1,4 dan kemudian juga dapat menempatkan kontroler antarmuka jaringan nirkabel ke modus monitor.

Fitur-Fitur Pada Wireshark

1. Tersedia untuk UNIX dan Windows
2. Capture Live Packet langsung dari interface.
3. Menampilkan packet secara very detailed protocol information.
4. Open and Save packet data captured.
5. Import and Export packet data
6. Filter Packet
7. Search for packetsyang dikehendaki
8. Mewarnai packet display yang di filter
9. Mewarnai variasi statistik 

Download Here !

Source : Wireshark

0 komentar: