Jumat, 24 Mei 2013

Shodan "Search Engine For Hackers"


Shodan adalah mesin pencari yang dirancang untuk mencari perangkat dan sistem komputer yang terhubung ke World Wide Web. Ini diluncurkan pada tahun 2009 oleh programmer komputer John Matherly, yang, pada tahun 2003, dikandung gagasan mencari perangkat yang terkait ke Internet.

Situs ini dimulai sebagai proyek kesayangan Matherly ini, didasarkan pada kenyataan bahwa sejumlah besar perangkat dan sistem komputer yang terhubung ke Internet. Pengguna Shodan dapat menemukan sistem termasuk lampu lalu lintas, kamera keamanan, sistem pemanas rumah serta sistem kontrol untuk taman air, pompa bensin, tanaman air, jaringan listrik, pembangkit listrik tenaga nuklir dan cyclotron partikel-percepatan yang paling memiliki sedikit keamanan. Banyak perangkat menggunakan "admin" sebagai nama pengguna dan "1234" sebagai password mereka, dan satu-satunya perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan mereka adalah browser web.

Website merangkak Internet untuk perangkat dapat diakses publik, berkonsentrasi pada SCADA (kontrol pengawasan dan akuisisi data) sistem. Shodan saat mengembalikan 10 hasil kepada pengguna tanpa account dan 50 bagi mereka dengan satu. Jika pengguna ingin menghapus pembatasan, mereka diwajibkan untuk memberikan alasan dan membayar biaya. Pengguna utama Shodan adalah profesional cybersecurity, peneliti dan lembaga penegak hukum. Sementara penjahat cyber juga dapat menggunakan situs web, banyak biasanya memiliki akses ke botnet yang dapat menyelesaikan tugas yang sama tanpa deteksi.

The Shodan Nama adalah referensi ke Shodan, karakter dari System Shock serial video game

Source : en.wikipedia.org
               shodanhq.com

0 komentar: