Minggu, 03 Februari 2013

Layer 7 " Application "

Layer Application pada model OSI merupakan tempat dimana user atau pengguna berinteraksi dengan komputer. Layer ini sebenarnya hanya berperan ketika dibutuhkan akses ke network.


Layer application juga bertanggung jawab untuk mengindentifikasi dan memastikan keberadaan partner komunikasi yang di tuju serta menentukan apakah sumberdaya komunikasi yang di tuju cukup tersedia.

Sebagai contoh yang sering digunakan adalah file transfer dan email seperti halnya juga remote access, aktivitas manajemen network, proses client server dan information location. Banyak aplikasi network menyediakan layanan komunikasi melalui network skala besar akan tetapi untuk saat ini dan internet working di masa mendatang kebutuhannya telah berkembang begitu pesat dan akan mencapai titik akhir dari kemampuan network sekarang. Saat ini pertukaran transakasi dan informasi di antara perusahaan sudah berkembang dan membutuhkan layanan aplikasi internetworking.

World Wide Web (WWW)

Menghubungkan server-server dalam jumlah begitu banyak hampir tidak terhitung dan dari hari ke harai selalu bertambah dengan format yang berbeda-beda. Kebanyakan adalah multimedia dan bisa mencakup gambar, teks, video dan suara. Browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome dan browser lain bisa digunakan untuk mengakses dan melihat website.

Email Gateway

Layanan serbaguna ini bisa menggunakan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) atau standar X 400 untuk mengirim pesan antar aplikasi email yang berbeda.

Electronic Data Interchange (EDI) 

Gabungan dan standar-standar dan proses-proses khusus yang menyediakan aliran data atau acounting, pengiriman/penerimaan, dan pelacakan order atau inventori antar perusahaan.

Spesial Interest Bulletin Board

Mencakup banyak tempat chat di internet dimana orang bisa bertemu dan berkomunikasi dan mengirim pesan atau mengadakan percakupan secara interaktif. Juga dipakai untuk sharing perangkat lunak public domain.

Utiliti Navigasi Internet

Mencakup aplikasi-aplikasi seperti Gopher dan WAIS serta aplikasi search engine Yahoo dan Google, yang membantu pengguna pencari informasi yang mereka butuhkan di internet.

Layanan Transaksi Finansial

Menargetkan komunitas finansial, layanan ini mengumpulkan dan menjual informasi-informasi yang berkenan dengan masalah investasi, market trading, komoditas, nilai tukar mata uang, dan data perkreditan kepada pelanggannya.

0 komentar: