Selasa, 22 Januari 2013

Model OSI

Model Internetworking

Pada saat network baru muncul, kebanyakan komputer hanya dapat berkomunikasi dengan komputer yang dibuat oleh perusahaan yang sama.

Pada akhir tahun 1970, International Organization for Standardization (ISO) membuat model referensi Open System Interconnection (OSI) sebagai solusi untuk mengatasi masalah kompatibilitas ini.

Model OSI dimaksudkan untuk membantu para vendor agar bisa membuat alat-alat dan perangkat lunak yang bisa saling kerja sama, dalam bentuk protokol-protokol sehingga network dengan vendor yang berbeda bisa saling bekerja sama.

OSI Layer 

Model OSI adalah model atau acuan arsitektural utama untuk network yang mendeskripsikan bagaimana data dan informasi. Network dikomunikasikan dari sebuah aplikasi di komputer lain melalui media seperti kabel. Model OSI melakukan ini semua dengan menggunakan pendekatan layer.

Model Referensi

Model referensi adalah suatu konsep dari bagaimana seharusnya komunikasi berlangsung. Model ini menjelaskan semua proses yang di perlukan oleh komunikasi yang efektif. Model ini juga membagi proses-proses tersebut menjadi kelompok logis yang bernama layer. Sebuah sistem komunikasi yang dibuat mengikuti konsep ini. Konsep ini dinamakan sebagai arsitektu layer.

Keuntungan Model Referensi

Model OSI bersifat hirearkis dan memliki keuntungan dan keunggulan seperti model layer yang lain. Tujuan utama semua model tersebut terutama OSI model, untuk memungkinkan bisa saling bekerja samanya dengan jaringan-jaringan yang menggunakan alat-alat dai vendor yang berbeda. Beberapa keunggulan menggunakan layer OSI antara lain :


  1. Memungkinkan para vendor membuat alat-alat network standar.
  2. Memungkinkan bermacam-macam perangkat keras dan perangkat lunak untuk bisa saling berkomunikasi.
  3. Mencegah perubahan di satu layer mempengaruhi layer lainnya sehingga permasalahan seperti ini tidak menghambat masalah development.
Model Referensi OSI

Salah satu fungsi terpenting dari spesifikasi, OSI adalah membantu transfer data antar host yang berbeda. Sebagai contoh model OSI adalah membantu terjadinya transfer data di antara komputer menggunakan UNIX, PC dan MAC.

OSI terdiri atas 7 layer yang terbagi atas 2 group. Tiga layer teratas mendefinisikan bagaimana aplikasi berkomunikasi dengan user. Empat layer di bawah mendefinisikan bagaimana data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Layer 7 (Application) - Menyediakan User interface
Layer 6 (Presentation) - Menyediakan data
Layer 5 (Session) - Menangani pemrosesan

Layer 4 (Transport)  
Layer 3 (Network)     (Layer 1, 2, 3 & 4 : Menjaga agar data dari masing-masing aplikasi tetap terpisah)
Layer 2 (Data Link)    
Layer 1 (Physical)

  • Beberapa peralatan jaringan yang beroperasi pada semua layer OSI.
  • Network Management Station (NMS).
  • Server web dan aplikasi gateways ( bukan default gateway ) Host network.

0 komentar: