Minggu, 09 September 2012

Kanada Putuskan Hubungan Dengan Iran


Pemerintah Kanada memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Iran, Sabtu (8/9/2012). Dengan keputusan ini Kanada langsung menutup kantor kedutaannya di Teheran dan memerintahkan semua diplomat Iran segera meninggalkan negeri itu.

Pemerintah Kanada tidak menyebut insiden khusus yang menyebabkan pemutusan hubungan diplomatik itu. Namun Kanada mengecam dukungan Teheran terhadap rezim Bashar al-Assad di Suriah dan hasutan pemusnahan Israel.

Saat mengumumkan keputusannya ini, Ottawa menyatakan kekhawatiran atas keselamatan para pegawai kedutaannya di Teheran.
Selain itu Ottawa juga mengecam kegagalan pemimpin Iran untuk bekerja sama dengan komunitas internasional terkait program nuklirnya.

"Kanada memandang pemerintah Iran adalah ancaman signifikan terhadap perdamaian dan keamanan dunia saat ini," kata Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird.

"Hubungan diplomatik antara Kanada dan Iran telah diputuskan. Semua staf diplomatik Kanada akan meninggalkan Iran dan diplomat Iran di Kanada diperintahkan pulang dalam waktu lima hari," tambah Baird.

Baird melanjutkan Kanada sudah memasukkan Iran dan Suriah sebagai negara pendukung terorisme dunia.
Selain itu Baird memperingatkan kepada warga Kanada dan bagi mereka yang memiliki paspor Kanada bahwa pemerintahannya tak bisa membantu mereka jika akan bepergian ke Iran.

Dan bagi warga Kanada yang saat ini masih berada di Iran diminta untuk menghubungi misi diplomatik negeri itu di Turki.

Sementara itu Iran akan memberi jawaban setimpal atas keputusan Kanada. Menteri LUar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast menuding pemerintahan Kanada berada di bawah pengaruh rezim zionis Israel.

Sumber: AFP
             Kompas.com

0 komentar: