Selasa, 05 Juni 2012

Warsawa, Penuh Dengan Dekorasi EURO 2012



Empat hari menjelang kick off Piala Eropa 2012, Senin (4/6/2012) kemarin, Kota Warsawa seperti sedang dilanda wabah demam Piala Eropa. Di banyak ruas jalan, sudut-sudut kota, dan sejumlah titik area publik, atribut berbau turnamen sepak bola empat tahunan antarnegara Eropa itu merebak.


Wartawan Kompas MH Samsul Hadi melaporkan dari Warsawa, Polandia, Ibu kota Polandia itu telah siap dan terlihat seperti tidak sabar untuk segera menjadi arena laga pembuka, Jumat (8/6/2012) mendatang.


Bagi pengunjung yang baru tiba di ibu kota Polandia itu, demam Piala Eropa telah terasa di Bandara Chopin. Sejumlah pesawat maskapai penerbangan Polandia atau LOT Polish Airlines dihiasi gambar bola pada bagian ekornya dengan bertuliskan "Welcome to Poland 2012".

Demam itu juga dimanfaatkan pesawat lainnya yang datang dari benua lain. Pesawat "Singapore Airlines" yang dinaiki Kompas dari Singapura menuju Frankfurt, Jerman, misalnya, memuat tayangan ulasan Piala Eropa 2012 dalam salah satu menu hiburan layar kacanya.


Akankah juara bertahan Spanyol menjadi negara pertama yang menorehkan hat-trick juara di ajang turnamen besar sepak bola antarnegara setelah beruntun menjuarai Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010? Itu salah satu ulasannya.


Di dalam Bandara Chopin, Warsawa, troli-troli terlihat masih baru dan hampir semua beratribut logo serta tulisan "UEFA Euro 2012". Sejumlah papan petunjuk untuk para tamu, delegasi, fans, atau penonton terkait Piala Eropa 2012 bertebaran di mana-mana. Papan petunjuk itu bertuliskan "UEFA Euro 2012, Welcome Desk" disertai tanda panah memandu pengunjung ke meja informasi yang dijaga petugas berbahasa Inggris.


Selain tanda penunjuk arah tersebut, Senin siang itu waktu setempat, dua relawan laki-laki dan perempuan dengan memegang banner "UEFA Euro 2012 Welcome Desk" juga siap membantu pengunjung yang membutuhkan informasi.



"Meja penyambutan" untuk para tamu Piala Eropa 2012 itu setidaknya terlihat di dua lokasi, dekat pintu keluar pengunjung menuju tempat pemberhentian taksi. Di beberapa ruas jalan Kota Warsawa, satu-dua mobil yang melintas terlihat telah memasang bendera Polandia yang berwarna putih-merah (putih di atas, merah di bawah) pada bagian spionnya.


Ruas-ruas jalan itu juga berhiaskan banner, umbul-umbul, dan atribut Piala Eropa lainnya. Ini belum termasuk papan-papan reklame besar dari sponsor-sponsor resmi ajang tersebut yang juga mengkampanyekan hajatan sepak bola akbar tersebut. Pendek kata, dari suasana dan atmosfer kota, Warsawa telah siap menyambut dan mengawali Piala Eropa 2012.


Piala Eropa ke-14 itu akan dibuka Jumat (8/6) mendatang, ditandai dengan pembuka tuan rumah Polandia melawan juara Eropa 2004 Yunani di Stadion Nasional, Warsawa.


bola.kompas.com

0 komentar: