Selasa, 26 Juni 2012

Spanyol Vs Portugal


Laga semifinal Euro 2012 antara Portugal vs Spanyol pada Kamis (28/6) dinihari WIB bagaikan El Clasico yang mempertemukan dua tim elit Spanyol, Barcelona vs Real Madrid.


Portugal mengadopsi gaya Real Madrid yang mengandalkan serangan balik cepat melalui dua bintangnya, Nani dan Cristiano Ronaldo. Sedangkan Spanyol meniru gaya sepakbola Barcelona yang melakukan penguasaan bola (ball possession) dengan baik.


Beberapa pemain Barca yang masuk skuad Spanyol di Euro 2012 adalah Gerard Pique, Xavi, Andres Iniesta, Sergio Busquets dan Fabregas. Sedangkan pemain Real Madrid yang menjadi skuad Tim Matador adalah Iker Casillas, Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos dan Xabi Alonso.


Pelatih Spanyol Vincente Del Bosque lebih senang menerapkan strategi ala Pep Guardiola dalam bertanding yaitu menguasai bola dan menekan lawan untuk mencetak gol.


Adu Spanyol vs Portugal dapat dipastikan akan menjadi laga yang menarik, karena kedua tim adalah perwakilan dua gaya latin di ranah Eropa. Spanyollebih mirip dengan tarian tango Argentina, sedangkan Portugal adalah Selecao di kawasan Eropa.


Bertemu Portugal di partai semifinal akan menjadi pertarungan terberat Spanyol. Faktor Cristiano Ronaldo merupakan salah satu yang bakal merepotkan Spanyol.


Para pemain Spanyol tahu betul kualitas dan ancaman Ronaldo. Pemain Real Madrid itu mencetak 60 gol musim lalu dan membawa Madrid mengakhiri dominasi Barcelona di Liga BBVA.


Pertandingan yang bakal seru ini akan berlangsung di Donbass Arena, Donetsk, Ukraina. Portugal sedikit di unggulkan karena banyak pemainnya yang sudah makan asam garam liga domestik Spanyol - La Liga seperti Cristiano Ronaldo, Pepe, dan Coentrão, sehingga mampu mengenali gaya permainan yang diracik oleh pelatih Spanyol Vicente Del Bosque.


Apabila Vicente Del Bosque tidak mengubah gaya permainan La Furia Roja, dengan tidak menempatkan striker murni di depan, maka Spanyol diprediksi akan kesulitan karena barisan pertahanan Portugal yang dikoordinir Pepe dan Coentrao telah mengenal dengan baik para punggawa lapangan tengah La Furia Roja.


Apabila Spanyol ingin menang, maka memainkan para pemain di luar liga domestik seperti Fernando Torres dan Juan Matta dinilai sebagai pilihan yang lebih baik.


Sumber: bisnis.com

0 komentar: