Jumat, 08 Juni 2012

Lebih Tipis, Lebih Simple


Tiga seri notebook tipis dari Acer resmi dilempar ke pasaran Indonesia dalam acara peluncuran di Jakarta, Jumat (1/6/2012). 


Dua di antaranya termasuk dalam kategori Ultrabook, sementara satu lainnya adalah laptop yang juga tampil ramping walaupun sebenarnya menganut rancangan "konvensional". 


Mereka adalah Aspire seri S5, M5, dan V5 yang disebut Acer sebagai laptop "Slim Family".
Aspire S5 adalah Ultrabook seri teratas dari Acer yang memiliki tubuh sangat ramping. Tebalnya hanya 15 mm sehingga dinobatkan sebagai laptop tertipis di dunia pada acara Consumer Electronic Show di Las Vegas, Januari lalu. 


Ultrabook ini menggunakan prosesor Core-i generasi ketiga dari Intel yang populer dipanggil "Ivy Bridge". Untuk mencapai performa maksimum, S5 pun dibekali dengan SSD hingga 2 buah. Oleh Acer, S5 ditargetkan untuk kalangan eksekutif dan konsumen kelas atas.


Selain S5, seri Ultrabook lainnya yang turut diperkenalkan adalah Aspire M5 yang juga dikenal sebagai "Timeline U". Menurut Direktur Divisi Marketing Acer Indonesia Daniel Rustandi, nama "Timeline" kini diberikan kepada Ultrabook seri Aspire M5 yang memiliki fitur daya tahan baterai lebih lama.


Aspire M5 memiliki unit pemroses grafis terpisah berupa NVIDIA GeForce GT640M sehingga memiliki daya oleh grafis yang lebih tinggi dari seri lainnya dalam Slim Family. 


Kemampuan tersebut ditujukan Acer untuk pekerja kreatif, desainer grafis, ataupun profesional yang membutuhkan performa tinggi dan daya tahan baterai maksimal. 


Anggota terakhir dari "Slim Family" Acer, Aspire V5, adalah produk laptop tipis mirip Ultrabook yang diperuntukkan bagi kalangan pelajar dan konsumen muda. Meski bukan dari kategori Ultrabook, seri ini memiliki ukuran tubuh yang 30 persen lebih tipis dibandingkan laptop konvensional. Walaupun tipis, seri ini masih dibekali dengan optical drive berupa super-multi DVD.


Total sebanyak 7 model dari ketiga seri laptop tipis ini sudah diluncurkan oleh Acer di Indonesia. "Nantinya akan tersedia model-model untuk memenuhi kebutuhan semua segmen pasar," ungkap Daniel. 


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa laptop tipis Aspire V5 sudah bisa dibeli mulai hari Jumat kemarin, sementara Ultrabook Aspire S5 dan M5 akan menyusul satu minggu setelahnya.


Harga kisaran Aspire S5 dipatok pada angka Rp 15 juta, sementara M5 dibanderol Rp 8 juta-an. Adapun Aspire V5 bisa diperoleh dengan harga mulai Rp 5 juta-an.


Sumber: kompas.com

0 komentar: