Rabu, 06 Juni 2012

iPhone 5 dan iPad Mini Akan Release Bersamaan


Setelah dikabarkan akan rilis pada Juni dan Oktober tahun ini, iPhone 5 (apapun namanya nanti) dikabarkan akan rilis pada September. Bahkan jadwal tersebut akan dibarengkan dengan peluncuran iPad mini.


Rumor tersebut dihembuskan oleh analis Topeka Capital Markets Brian White yang mendapatkan kabar dari catatan kliennya di Taipei. Sejauh ini analis tersebut memiliki reputasi sukses menebak kehadiran produk Apple sebelumnya. Saat ini, Apple memang dikabarkan bekerjasama dengan perusahaan manufaktur Hon Hai di Taipei untuk memproduksi iPhone 5.


"Mengenai peluncuran iPhone 5, kami percaya akan dirilis September 2012. Waktu tersebut lebih mungkin dibandingkan Oktober. Kami percaya, jadwal tersebut akan berbarengan dengan peluncuran iPad mini," kata White.


Selain itu, White juga menjelaskan bahwa pihaknya sedang mengumpulkan data yang akan membuktikan bahwa iPhone 5 akan memakai bahan aluminium dan casing unibody yang akan diproduksi oleh perusahaan manufaktur Hon Hai Precision dan perusahaan manufaktur lainnya.



Sekadar catatan, terkait bentuknya, iPhone 5 masih diperdebatkan. Ada yang memprediksi berbentuk kotak, tapi ada juga yang memprediksi berbentuk seperti Apple Magic Mouse.


Bentuk casingnya juga sudah beredar di internet. Di foto itu tampak dua buah ponsel berlogo Apple dalam posisi tengkurap berwarna  hitam dan putih.


Ukuran layarnya dikabarkan memiliki bentang 4 inci. Layar iPhone 5 ini akan lebih panjang dari iPhone 4S guna mendukung aspek rasio 16:9. Begitu juga tentang daftar jeroannya.


Begitu juga dengan iPad mini, yang kini juga dikabarkan telah mulai diproduksi. Layarnya akan memiliki bentang 7,85 inci.


Spesifikasi final dari perangkat ini masih simpang siur. Beberapa sumber menyebutkan bahwa "iPad Mini" akan dilengkapi dengan layar Retina Display, seperti pada iPhone 4/4S dan iPad generasi ketiga. Spesifikasi lain termasuk memori internal sebesar 8 GB.


"iPad Mini' disebutkan bakal dibanderol dengan harga sekitar 200 - 250 dollar AS atau Rp 1,8 juta - 2,3 juta rupiah sehingga bisa bersaing dengan perangkat-perangkat sejenis yang memiliki harga lebih murah dari iPad 9,7 inci.


Sumber: tekno.kompas.com

0 komentar: