Selasa, 01 Mei 2012

Mozilla 3.6 Akan Di Berhentikan Awal Mei 2012


 Mozilla akan menghentikan penggunaan Firefox versi 3.6. 


Caranya akan dilakukan secara otomatis dan pengguna yang masih menggunakan Firefox 3.6, browser-nya akan langsung di-upgrade ke versi 12. 


Hal ini bukan yang pertama bagi Mozilla, karena versi sebelumnya, Firefox 3.5 juga pernah mengalami hal serupa. 


Alex Keybl, manager Firefox yang mengurusi rilis mengatakan, upgrade otomatis Firefox 3.6 menjadi Firefox 12 akan terjadi pada awal Mei, hanya saja tanggalnya belum dipastikan. 


Keputusan untuk melakukan upgrade otomatis ini dilakukan setelah diskusi selama beberapa minggu di lingkungan internal Mozilla.


Upgrade dirasa penting agar pengguna selalu merasa aman ketika mengakses Internet menggunakan Firefox. 


Sebelumnya, Mozilla telah melakukan update final untuk keamanan browser 3.6 dan browser versi itu tak lagi didukung oleh update keamanan dari Mozilla mulai 24 April 2012.


Sebagai gantinya, Mozilla telah mengirimkan peringatan berulang kali kepada pengguna Firefox 3.6 agar melakukan upgrade, sebelum Mozilla melakukan upgrade otomatis ke Firefox 12, pada awal Mei 2012. 


Meski demikian, jika pengguna ingin tetap menyimpan versi Firefox 3.6 dan ingin terus menggunakan browser ini, harus menonaktifkan upgrade otomatis, maksimal di minggu pertama Mei 2012. 


Caranya dengan klik menu "Tools" pada browser, lalu klik "Option". Akan keluar sebuah 'pop up' lalu klik "Advanced" setelah itu pilih tab "Update". Tandai tulisan "Never check for updates (not recommended : security risk). Lalu tekan "OK". 


Jika langkah di atas tidak dilakukan, maka browser pengguna akan otomatis upgrade menjadi Firefox 12. Hal ini bukan yang pertama bagi perusahaan penyedia browser. 


Microsoft bahkan melakukan upgrade secara sembunyi-sembunyi, tanpa melakukan pemberitahuan kepada pengguna Internet Explorer "jadul". 


Selain Firefox 12, pengguna juga dapat menggunakan Firefox Extended Support Relaease (ESR) yang dibangun Mozilla khusus untuk pengguna yang merupakan administrator TI maupun yang selalu mengelola Firefox untuk pekerjaan mereka. 


Versi terbaru ESR setara dengan Firefox 10. Jika Firefox harus di-upgrade setiap enam minggu sekali, maka ESR memiliki waktu upgrade yang lebih lama, yakni 54 minggu atau lebih dari 10 bulan. 


Selain patches, Firefox ESR tak akan mengalami perubahan hingga November 2012 dan akan selalu didukung dengan update hingga awal Februari 2013. 


Sumber: tekno.kompas.com

0 komentar: