Minggu, 27 Mei 2012

Jelang EURO 2012 Ukraina Luncurkan Kereta Cepat


Permasalahan transportasi di Ukraina sedikit demi sedikit mulai teratasi. Baru-baru ini, salah satu Negara tuan rumah Euro 2012 ini meluncurkan moda transportasi baru, yakni kereta cepat.


Sejatinya, transportasi kereta api memang sudah ada di Ukraina. Namun, yang jadi permasalahannya adalah kecepatan kereta tersebut yang dinilai cukup memakan waktu untuk nantinya mengantar fans dari satu kota ke kota lainnya.


Nah, kini dua pekan jelang bergulirnya turnamen empat tahunan terakbar di Eropa, Ukraina resmi meluncurkan kereta cepat. Kereta ini akan beroperasi di empat kota yang jadi penyelenggara pertandingan, yakni Kiev, Kharkiv, Donetsk dan Lviv.

Kecepatan kereta yang diproduksi oleh Hyundai ini bisa mencapai 160 km/jam. Dengan demikian, otomatis waktu tempuh pun bisa dipangkas dengan signifikan. Sebagai contoh, jarak tempuh dari Kiev menuju ke Lviv biasanya ditempuh selama enam jam setengah jam. Namun, dengan kereta cepat ini, wakty tempuh dari Kiev ke Lviv menjadi kurang dari lima jam.


Sementara perjalanan enam jam dari Kiev menuju Kharkiv kini bisa ditempuh hanya dalam empat setengah jam dari sebelumnya, 6 jam. Pada saat perhelatan nanti, paling tidak akan ada satu kereta cepat perharinya, atau dua kereta cepat dari Kiev menuju Kharkiv.


“Ukraina sudah melakukan perubahan signifikan dalam mempersiapkan turnamen Euro. Ada empat stadion baru, empat bandara yang diperbaiki dan infrastruktur jalan untuk menuju kota penyelenggara yang sudah diperbaiki,” tutur Markiyan Lubkivskiy yang menjabat direktur turnamen UEFA di Ukraina.


“Transportasi kereta juga diperbaiki dengan adanya kereta cepat. Ini membuktikan bahwa kami ingin memberikan servis terbaik untuk masyarakat dan pengunjung,” sambungnya dikutip situs resmi UEFA, Rabu (23/5/2012).


Martin Kallen, Direktur operasional UEFA juga memberikan apresiasi terhadap persiapan yang dilakukan Ukraina. “Ini (Euro) adalah tournament terbesar kami. Transportasi tentunya memainkan peranan penting untuk bisa sukses. Dengan adanhya kereta cepat ini, fans kini bisa cepat berpindah dari satu kota ke kota lainnya, tentunya dengan harga yang masuk akal,” pungkasnya.


Euro 2012 akan mulai digelar dari 8 Juni hingga 1 Juli mendatang. Ukraina selaku tuan rumah, tergabung di Grup D bersama Swedia dan dua tim tangguh, Prancis dan Inggris.


Sumber: euro.okezone.com

0 komentar: