Kamis, 03 Mei 2012

Facebook akan Lakukan IPO


Road show untuk melakukan penawaran saham umum perdana Facebook (IPO) dijadwalkan akan dimulai hari Senin (7/5/2012), sebuah sumber yang mengetahui permasalahan ini mengatakan berarti saham perusahaan harus mulai diperdagangkan pada tanggal 18 Mei.
Penjualan saham perdana (initial public offering/ IPO) Facebook kemungkinan besar dimulai pada pekan ketiga bulan Mei atau sekitar tanggal 18 Mei 2012. menurut Reuters Pekan depan, perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia ini bakal memulai roadshow penawaran saham di beberapa negara bagian di Amerika.


Berdasarkan keterangan seorang sumber kepada Reuters, bos Facebook, Mark Zuckerberg, bakal terjun langsung dalam roadshow yang digelar pada Senin, 7 Mei 2012 mendatang. Dalam roadshow ini Mark dan jajaran manajemen Facebok bakal menerangkan strategi bisnis mereka pada investor potensial.


"Jika roadshow ini lancar, bisa jadi waktu IPO dimajukan beberapa hari sebelum 18 Mei." kata dia, Rabu 2 Mei 2012.


Seperti diketahui, Facebook berencana melepas sebagian sahamnya untuk publik pertengahan tahun ini. IPO tersebut ditargetkan bisa meraup dana segar sebesar US$ 5 miliar hingga US$ 10 miliar. Jika target itu tercapai, IPO Facebook menjadi penawaran saham terbesar yang dilakukan perusahaan teknologi informasi.


Hingga kini, rekor IPO perusahaan teknologi masih dipegang oleh Google Inc, yang berhasil mengumpulkan dana segar hingga US$ 1,2 milyar pada 2004. Kepastian jadwal IPO ini pun simpang siur. Sebelumnya beredar kabar penjualan saham dimulai pada 14 Mei 2012. Namun Mark Zuckerberg belakangan malah lebih fokus mengakuisisi perusahaan lain ketimbang mempersiapkan IPO.


Akhirnya muncul dugaan IPO akan dilakukan pada akhir Mei hingga pertengahan Juni. Hal ini disebabkan adanya libur nasional Memorial Day pada 28 Mei, yang dianggap kurang mendukung perdagangan saham perusahaan baru.


Meski begitu, analis percaya saham Facebook akan diminati investor dan target perolehan dana IPO bakal terlampaui. "Saya berharap manajemen Facebook bisa memanfaatkan momen roadshow sehingga menarik perhatian semua investor potensial," kata analis IPO Boutique, Scott Sweet.


Sumber: tribunnews.com

0 komentar: