Sabtu, 10 Maret 2012

WikiLeaks

Minggu Ketiga Oktober 2010, seluruh dunia -- melalui jaringan internet -- dihebohkan ketika sebuah situs bernama WikiLeaks melansir sebuah video penembakan warga sipil oleh tentara AS. Diketahui kemudian, video ini terjadi di Baghdad, Irak tahun 2007.


Ketika itu, helikopter Apache AS sedang dalam perjalanan membantu temannya yang terlibat baku tembak. Tiba-tiba, helikopter ini mengidentifikasi beberapa orang warga sipil berada di sekitar. Laporan yang di berikan oleh wartawan Reuters, adalah mereka itu para militan.


Laporan ini membuat para awak heli langsung meluncurkan serangan secara membabi buta terhadap warga sipil tersebut. Tujuh warga sipil tewas seketika.


Dua puluh empat jam pasca-pengunggahan video berdurasi 17,47 menit ini di You Tube [www.youtube.comI], sebanyak 1,3 juta orang lebih telah melihat video tersebut. Heboh WikiLeaks pun dimulai.


"WikiLeaks adalah organisasi nirlaba yang didanai juru kampanye hak asasi manusia, wartawan investigasi, teknologi dan masyarakat umum," ~WikiLeaks~




WikiLeaks adalah media massa internasional yang mengungkapkan dokumen-dokumen rahasia negara dan perusahaan kepada publik melalui situs webnya. Organisasi ini bermarkas di Stockholm, Swedia. Situs WikiLeaks diluncurkan secara resmi pada Desember 2006 oleh disiden politik Cina, jurnalis, matematikawan, dan ahli teknologi dari AS, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Para pendiri dan orang-orang yang tergabung dalam organisasi ini tidak pernah disebutkan namun artikel di koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur WikiLeaks. Saat ini alamat situs telah dialihkan ke www.wikileaks.ch dari situs aslinya www.wikileaks.org untuk alasan keamanan.


Julian Paul Assange lahir 3 Juli 1971, di Townsville, Queensland, Australia, ini dikenal sebagai wartawan asal Australia yang juga seorang aktivis internet dan seorang yang mempunyai kemampuan sebagai peretas (hacker).


Ia pendiri sekaligus  juru bicara WikiLeaks. Pada Desember 2006, ia memulai proyek situs whistle-blower tersebut mengelola dan membeasrkan sampai sekarang. Padahal sebelumnya, Jullian hanyalah seorang mahasiswa biasa yang kuliah di jurusan matematika dan fisika, dan bekerja sebagai programmer.


Beberapa kasus besar yang diungkap WikiLeaks:

  1. Serangan Helikopter Apache di Irak
  2. Prosedur Operasi Guantanamo Bay
  3. Kitab Suci Scientology
  4. E-mail dari Unit Penelitian Iklim
  5. Laporan Trafigura Minton
  6. Keanggotaan BNP
  7. Data Pager 9/11
  8. Perang Afganistan
  9. Misi Diplomatik AS
  10. AS andalkan Blogger Indonesia
  11. Tentang Penyalahgunaan Kekuasaan Presiden SBY

Sumber Gambar: http://id.wikipedia.org 

0 komentar: